Thursday, December 20, 2012

TOEFL Prediction tetaplah bukan TOEFL

HENTIKAN RUMOR INI !!!

Teman-teman, untuk postingan kali ini saya berusaha membantu dan mengembalikan nama baik PINLABS (Pusat Bahasa Universitas Airlangga). Banyak orang yang butuh tes ITP TOEFL tapi enggan mengambil tes di PINLABS krn alasan TOEFL Unair tidak diakui. Perlu diperhatikan, tes yang diadakan PINLABS yang tidak diakui scr Nasional hanyalah ELPT (English Language Proficiency Test), dikarenakan tes ini masih bersifat prediksi. Jadi, lbh baik tidak sembarangan menyebut tes bahasa inggris dengan sebutan TOEFL, krn TOEFL adalah produk paten yang hanya dikeluarkan ETS (English Testing Center) yang berpusat di U.S.A.

Tes yang diakui secara nasional hanyalah ITP TOEFL dengan logo ETS pada score slip seperti pada foto yang saya lampirkan. Cara mudah mengenali ITP TOEFL atau bukan :
1. ITP TOEFL dipatok harga Rp 250rb-300rb. Jadi yg dibawah 100rb dipastikan bukan yang resmi. Di surabaya setahu saya yg ditunjuk ETS antara lain AMINEF, PINLABS, dan UPT Bahasa ITS.
2. Tanyakan pada lembaga yang mengadakan, apakah tes ini dari ETS Jakarta asli.

Jadi, kalau ada rumor tes TOEFL di PINLABS tidak diakui, jangan dipercaya, dan mohon tidak disebarkan lagi rumor ini. Score slip saya sdh saya tanyakan pada seorang guru TOEFL yg dulu pernah bekerja di ETS Jakarta, dan beliau bilang, memang benar, selama ada logo ETS dan biaya tes 300rb, itu pasti resmi.

SEMOGA PINLABS BISA KEMBALI NAMA BAIKNYA, AAMIIN :)


*Berikut contoh score slip yang dikeluarkan oleh ETS

 

5 comments:

  1. Dit, lo make ini buat apply erasmus? bisa ya??

    ReplyDelete
  2. Tx banget mas,tulisannya membantu banget. Selama ini saya lebih mengutamakan conversation than grammar.
    Btw, Could you give some advice how to write a cv mas??

    ReplyDelete
  3. Thang kyou vor shering this fery helepful informasion

    ReplyDelete
  4. Nice try ! Here is my TOEFL ITP experience. :-)

    ReplyDelete